Sunday, April 11, 2010

Anda Sebetulnya Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Share it Please
Banyak sekali pelamar mengabaikan pentingnya membuat surat lamaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Surat lamaran inilah wakil anda di mata perusahaan sebelum anda bertemu untuk wawancara. Seringkali proses melamar dan pemilihan surat lamaran yang tepat menghabiskan ”SANGAT” banyak waktu keduabelah pihak. Terkadang pelamar yang surat lamarannya kurang berkenan di hati terpaksa di interview lebih karena kebutuhn mendesak perusahaan, walaupun hasilnya sama saja ”TIDAK BERMUTU” persis sepert surat lamarannya. Kebanyakan, pelamar-pelamar yang gagal memberikan image diri positif dari lamarannya memang faktanya setelah wawancara sekalipun tidak dapat difinalisasi untuk dipekerjakan. Banyak praktisi Human Resources yang pernah mengalami sulitnya mendapat kandidat-kandidat pekerja, padahal ada begitu banyak perusahaan yang sebenarnya membutuhkan karyawan dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit namun kesempatan ini sering terlewatkan hanya karena kandidat sebenarnya ‘kurang bersungguh-sungguh’. Mulailah untuk lebih serius dalam mencari pekerjaan dan mempersiapkannya. FOKUS! Perhatikan beberapa hal penting dibawah ini untuk membantu anda mempersiapkan lamaran anda:

Tampilkan Photo Terbaik Anda Bukan ganteng atau cantik ukuran mendapatkan pekerjaan, tapi photo terbaik yang anda pilih adalah cerminan kesungguhan anda. Hindari! foto hitam putih, atau hampir pasti surat lamaran anda tidak dilirik oleh tim HRD perusahaan. Photo anda akan menggambarkan karakter anda di mata orang yang melihat. Siapkan photo berukuran 4X6 yang memperlihatkan senyuman terbaik anda. Anda terlihat tegang maka orang yang melihat lamaran anda pun menjadi tegang. Jangan memasang photo dengan gaya seolah sedang berpose sebagai seorang model ceria atau sensual, ini malah terlalu berlebihan! Ingat, sebab photo saja, banyak surat lamaran segera masuk ke kotak sampah atau segera di hancurkan.Tampilkan sikap wibawa dan professional anda. Ketika proses pengambilan photo jangan pulang sebelum hasil pertama memuaskan, coba lagi!!! Ini penting dan sangat serius! Tidak perlu menjadi harus tampan atau cantik; tapi tunjukkan senyuman dan sinar mata yang penuh motivasi. Tunjukkan kesiapan anda bekerja dan sampaikan bahwa anda bisa diandalkan.

Siapkan Surat Lamaran yang Proffessional

Seringkali surat lamaran dibuat terburu-buru, sehingga tampilan paragraf tidak lengkap, hilang huruf, salah ketik, sehingga sepertinya anda “tidak niat” cari kerja. Periksa kembali surat lamaran anda, tunjukkan kepada beberapa rekan yang berpengalaman dan bisa menilai tampilan surat lamaran anda. Bila anda mendapat komentar “Surat lamaranmu bagus sekali” dari beberapa orang yang dapat dipercaya komentarnya, artinya lamaran anda layak untuk dikirimkan.Gunakan kertas yang agak tebal. Hal ini untuk mencegah, kertas itu menjadi lepek atau tintanya luntur ketika dibuka yang pastinya dapat mengurangi nilai anda.Buatlah bentuk lamaran yang simpel dan fokus. Tulislah prestasi yang pernah anda raih selama ini, seperti : menjadi tim inti dalam penghematan perusahaan, berhasil menaikan omzet penjualan 500 juta dll. Hindari lamaran yang bertele-tele!.

Tunjukkan Sikap terbaik anda Selama interview

Seringkali pelamar datang dengan penampilan yang asal-asalan seperti: celana panjang terlalu kusut, sepatu kotor, pakaian tidak terkancing, bau badan, rambut tidak rapi dll. Anda harus tampil serius dan menghargai perusaahan tempat anda melamar. Tunjukkan sikap antusias tapi tidak berlebihan, karena kesederhanaan sikap dan ketulusan akan terlihat sangat positif di hadapan penginterview. Dan ingat! awalilah dengan niat yang baik serta ungkapkan dengan DOA untuk meyakinkan bahwa yang anda lakukan adalah untuk kebaikan anda, keluarga dan masa depan anak- anak anda. Semoga berhasil!

No comments:

Random Post

Memuat...